Kenali Serangga Beracun, Tomcat

INFO : firedauz 11/Mar/2013





Semut Semai atau Serangga Tomcat atau saintifiknya Paederus littoralis, juga dikenali sebagai Kumbang Rove (Rove Beetle) atau dengan nama kampung, Semut Kayap atau Charlie di Indonesia, adalah kelompok utama dari serangga (Arthropoda) yang termasuk dalam keluarga besar Kumbang (Staphylinidae), dibezakan oleh panjang pendeknya penutup pelindung sayap ("sayap berlapis") Dengan lebih dari 46.000 spesies dalam ribuan generasi, kelompok ini adalah keluarga kedua terbesar kumbang setelah Curculionidae (kumbang yang sebenarnya). Serangga ini termasuk kelompok serangga kuno, dengan fosil serangga tomcat diketahui dari zaman Triassic atau pemusnahan mahluk hidup di Bumi sekitar 200 juta tahun lalu. So, serangga ni dah lama hidup. Otai.




Serangga ini dikatakan tidak menggigit tetapi cairan pada tubuhnya itu yang cukup berbisa. Racun ini 12 kali lebih kuat daripada venom ular tedung. Kumbang rove yangtelah dikeringkan dan disimpan selama 8 tahun masih tetap beracun.
Kurangi penggunaan cahaya lampu pada waktu malam, karena kumbang rove amat tertarik kepada cahaya selain menggunakan aerosol anti serangga, perangkap berpelekat atau
kelambu nyamuk yang halus.

Hindari duduk dekat cahaya dan jika dihinggapi kumbang rove, jangan ditepuk, sebaiknya hembus/tiup supaya menghindar.. Jika bersentuhan dengan kumbang rove, cepat-cepatlah basuh pada tempat yang terkena kumbang rove dengan sabun dan air. Jika lambar bertindak, dikhuatiri akan menjadi seperti gambar di bawah ini.



ED_IN$)?>
avatar Profile Keluar
  • Hantar ke laman sosial Anonymously
  • Klik Untuk Log Masuk:
    avatar
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...